Dihantam Cuaca Buruk, KM Bintang Timur Tenggelam, Satpolairres Parimo Sigap Selamatkan 20 ABK

oleh -
Dihantam Cuaca Buruk, KM Bintang Timur Tenggelam, Satpolairres Parimo Sigap Selamatkan 20 ABK (Foto : Satpolair Polres Parimo)

PARIGI MOUTONG – Hari ini, Kamis (18/02/2021) sekitar jam 07.00 Wita, personil  Satpolairres Parimo menerima informasi dari ketua Pokmaswas Desa Sausu Tambu, bahwa sebuah kapal nelayan KM Bintang Timur , tenggelam di wilayah perairan antara Desa Sausu Peore dan Desa Sausu Tambu Kecamatan Sausu.

Terdapat ABK 20 orang di kapal yang dinahkodai Andi (40), dikabarkan tenggelam akibat cuaca buruk. Kapal tersebut terhempas karena angin kencang dan ombak yang menghantam kapal sehingga menyebabkan mesin kapal tidak berfungsi.

“Kapal tersebut mati mesinnya dan tenggelam di wilayah perairan antara Desa Sausu Peore dan Desa Sausu Tambu Kecamatan Sausu, dan ABK terombang ambing di tengah laut, pada titik kordinat : 0⁰ 50′ 807″ S – 120⁰ 37′ 500″ E,” demikian pers rilis Polres Parigi Moutong.

Kasat Polair Polres Parimo AKP Sunarto memimpin langsung upaya penyelamatan 20 ABK KM Bintang Timur. Dia menyebutkan kronologisnya, pada hari Rabu sekitar jam 15.00 Wita, kapal pukat KM Bintang Timur, berangkat dari Poso ke sebuah rumpon milik Culo dengan menempuh perjalanan 6 jam di wilayah perairan Desa Sausu Peore Kecamatan Sausu.

Pada hari Kamis sekitar jam 04.30 Wita, kapal pukat KM Bintang Timur dikabarkan mesin tidak berfungsi dan kapal perlahan-lahan tenggelam karena masuk air. Pada jam 05.00 Wita ABK kapal berusaha menyelamatkan diri ke sebuah rakit yang tidak jauh dari kapal mereka dan sedikit beruntung karena ada sebuah perahu nelayan yang juga ikut menyelamatkan para ABK.

Pada jam 07.00 Wita, personil Satpolairres dipimpin Kasat Polairres Parimo AKP Sunarto, melakukan patroli di perairan Desa Sausu Tambu, untuk melakukan tindakan penyelamatan dan pertolongan para cruw dan ABK kapal KM Bintang Timur.

Pada jam 07.30 Wita, Kapal patroli Type C2 KP XIX-2009 yang di nahkodai oleh Aiptu Andri Suyanto, merespon dengan cepat kejadian tersebut dan dibantu oleh warga Desa Tambu serta Ketua BPD Desa Tambu, menuju TKP. Pada jam 09.00 Wita, KP XIX-2009, tiba di titik kordinat KM Bintang Timur, saat itu para ABK sedang terombang ambing di tengah laut pada sebuah rakit dan kondisi KM Bintang Laut saat itu hanya kelihatan tiang lampu kilat saja dan body kapal sudah tenggelam.

Sekitar jam 09.10 Wita ABK kapal KM Bintang Timur di evakuasi, seluruh ABK berjumlah 20 orang dinyatakan selamat dan dalam kondisi yang sehat.

Kapolres Parimo Andi Batara Purwacaraka SH,SIK mengapresiasi kinerja Satpolairres yang sigap menyelamatkan 20 ABK.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.