Dibiayai APBD, Tahun Ini  Tiga Desa Terima Program Pamsimas

oleh -28 views
Kabid Cipta Karya PUPRP Vadlon

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Tahun ini Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP), melalui Bidang Cipta Karya menganggarakan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) untuk tiga desa.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Cipta Karya Vadlon kepada Beritaplano.com saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini. Dikatakannya, sebanyak Rp 37 milyar DAK sanitasi dan air minum memang tidak dicairkan dari pusat, sebab sebagian besar anggaran pusat direfocusing untuk penanganan covid-19. Tetapi untuk program yang dibiayai APBD masih akan dilaksanakan. Sehingga ada tiga desa tetap mendapatkan program Pamsimas.

Kata dia, tiga desa yang mendapatkan pembiayaan APBD ini adalah desa yang masuk dalam program penanganan stunting.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (PIPW) pada Badan Perencanaan Penelitian pembangunan dan Pengembangan Daerah (bappelitbangda) Sudiara ST mengatakan, ketiga desa tersebut pendanaannya bersumber dari APBD II

.

Ketiga desa itu kata dia, yaitu Desa Mbelang-Mbelang Kecamatan Motong, Desa Pandelalap Kecamatan Motong dan Desa Labuan Kecamatan Moutong  dengan nilai per desa sebesar Rp. 245. 000.000,-

“Sedangkan untuk 12 desa sasaran dengan kategori desa reguler yang sumber pendanaan dari APBN belum terlaksana sebab masih menunggu Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dari Pusat,” tutupnya.

Diketahui, untuk keseluruhan DAK di PUPRP yang batal dicairkan sekitar Rp 75 milyar yang sebagian besar anggarannya diperuntukan bagi program di Cipta Karya, Bina Marga dan Sumber Daya Air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *