Desa Kasimbar Barat Kelolah Wisata Air Panas

oleh -

Reporter : Samudin

PLANO, Kasimbar– Desa Kasimbar Barat memiliki potensi alam yang bisa dikembangkan menjadi objek wisata, untuk meningkatkan pendapatan ekonomi desa yaitu objek wisata air panas.

Objek wisata air panas ini mulai dikembangkan oleh desa melalui program inovasi desa. Keseriusan pemerintah daerah untuk mengembangkan objek wisata ini dibuktikan dengan dukungan anggaran sebesar  Rp 265 juta untuk melakukan pembenahan lokasi, yang didanai dari dana desa (DD).

Pantauan Beritaplano.com, belum lama ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarkat dan Desa (PMD) Kabupaten Parigi Moutong Fit Dewana S,STP dating untuk meninjau lokasi wisata air panas, di damping  Camat  Kasimbar Abdul Manan Dg Malindu, Kepala seksi PMD Kecamatan kasimbar  Didik P Kusbianto.

Fit Dewana mengatakan, Desa Kasimbar Barat memiliki potensi wisata air panas yang layak dikembangkan. Saat ini kata dia, pihak desa perlu menyediakan fasilitas penunjang agar lokasi tersebut menarik minat pengunjung.

“Kalau sudah selesai pelaksanaan  pembangannya kami yakin akan mampu meningkatkan pendapan masyarakat Desa Kasimbar  Barat dan juga dapat meningkatkan pendapatan desa dari satu potensi wisata ini,” kata dia.

Menurut Fit, Desa Kasimbar Barat memiliki banyak potensi lain selain potensi wisata yang juga dapat dikembangkan untuk peningkatan ekonomi desa, hanya saja pemerintah desa harus mampu memetakan pembangunan prioritas sehingga bisa dilakukan secara bertahap.

“Insya Allah potensi lain akan menyusul, dan semakin banyak kita mengekspos potensi-potensi yang ada di desa itu akan semakin bermanfaat untuk desa itu dan yang paling penting kita kelolah fokus pada pengembangan potensi yang sudah ada,” ungkapnya.  

Dikatakannya, objek wisata air panas ini akan menjadi salah satu icon wisata Parigi Moutong, sebab terdapat jalur alternatif yang menghubungkan Kabupaten Parigi Moutong dengan Kabupaten  Donggala.

“Sehingga tempat ini juga akan dikunjungi oleh pengunjung dari wilayah Kabupaten Donggala dan sekitarnya,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Kasimbar Barat Toni menambahkan, bahwa pelakasanaan  pembangunan obyek wisata air panas Desa Kasimbar Barat Kecamatan Kasimbar  merupakan program inovasi Desa . Saat ini progress pembangunannya baru mencapai 75%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *