Desa Harus Mampu Jual Potensi Wisata

oleh -5 views
Kepala Dinas PMD Fit Dewana

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Dari 278 desa di Kabupaten Parigi Moutong, diketahui banyak yang memiliki potensi wisata, sehingga dengan adanya obyek wisata tersebut diharapkan desa mampu menjual potensinya untuk peningkatan ekonomi.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Fit Dewana kepada Koran Plano, belum lama ini.

Dikatakannya, salah satu yang menjadi program prioritas daerah lima tahun kedepan adalah Parimo Khatulistiwa yang didalamnya ada Pariwisata. Sehingga dibutuhkan dukungan semua pihak termasuk pemerintah desa dan masyarakat.

“Saat ini dari dinas PMD, sudah mendorong pemuda-pemudi dari desa dan pemerintah desa itu untuk membentuk kelompok sadar wisata, ini upaya mendukung program prioritas daerah,” ujarnya.

Dikatakannya, banyak hal yang bisa dilakukan pemerintah desa dan masyarakat, mulai dari penataan kawasan terutama yang terdapat obyek wisata yang akan dikembangkan, menjaga kebersihan dan kemudian kenyamanan pengunjungnya.

Sebab kata dia, semua harus sinergi agar potensi wisata yang ada bisa dilirik oleh pengunjung.

“Kami berharap desa yang memiliki potensi wisata untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui potensi wisata,” kata dia.

Fit menambahkan, saat ini kewajiban desa yang memiliki obyek wisata untuk mencatat setiap pengunjung walaupun hanya perminggu.

“Sehingga ini bisa menjadi tolak ukur untuk pembentukan desa itu menjadi desa wisata, karena salah satu syarat pembentukan desa wisata itu dilihat dari pengunjung yang datang ke objek tersebut,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *