Dekat Perkampungan, Air Terjun Olonggata Bisa Jadi Wisata Primadona

oleh -12 views
Air Terjun Olonggata (Foto : Eli)

  Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong –  Wisata air terjun Olonggata yang berada di Desa Olonggata Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi Moutong adalah salah satu objek wisata alam yang layak untuk dikunjungi. Akses menuju lokasi sangat mudah, hanya sekitar 1,8 KM dari Jalan Trans Sulawesi, menjadikan air terjun Olonggata salah satu wisata primadona diakhir pekan.

Kepala Desa Olonggata Jabran A Labaja kepada Beritaplano.com mengatakan,  pemerintah desa sedang melakukan pengembangan di lokasi air terjun tersebut. Agar kata dia, di tahun 2021 Desa Olonggata sudah bisa menarik retribusi dari wisata alamnya sendiri, untuk peningkatan ekonomi desa dari sector Pariwisata.

“Untuk sementara belum ditarik retribusi, kita sedang melengkapi fasilitas seperti parkiran, tiga unit gazebo dan MCK dan untuk tahun 2020 akan dibuat bendungan,” jelasnya.

Lanjut dia, akses jalan yang mudah adalah salah satu daya tarik lokasi wisata, meski berjarak 1,8 KM dari jalan trans, semua jenis kenderaan bisa masuk dengan mudah.

“Rencana akan dibuat rabat beton sekitar 200 meter agar wisatawan menjadi mudah untuk melintas dan akan dibangun pula jembatan bambu untuk zona selfie,” kata dia.

Dilanjutkannya, sekitar lokasi air terjun tersebut adalah perkebunan warga. Tidak ada pembebasan lahan yang dilakukan pemerintah desa, hanya saja jika nanti dikelolah dan sudah menarik retribusi akan dibicarakan soal bagi hasil untuk yang tanahnya masuk wilayah yang dikelolah.

“Disitu lahan desa dan masyarakat, sehingga desa bekerjasama dengan masyarakat dengan ketentuan akan bagi hasil jika sudah menarik retribusi,” ungkapnya.

Ditargetkan pada tahun 2020, sarana penunjang lainnya untuk memperindah lokasi air terjun Olonggata bisa selesai, selanjutnya diharapkan di tahun 2021 pemerintah desa sudah bisa menarik retribusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *