Dari 499 PAUD di Parigi Moutong Baru 79 yang Holistik Integratif

oleh -
Kabid Paud dan Dikmas Dikbud Parigi Moutong Nurlina Sani S,Pt M,Si (Foto: Aini)

Liputan : Eli

Beritaplano, Parigi Moutong – Dari  499 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baru 79 yang dikukuhkan menjadi PAUD Holistik Integratif (HI). Hal itu berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong per 4 November 2020.

Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Nurlina Sani, kepada Beritaplano mengatakan, 499 PAUD tersebut terdiri dari TK, KB, TPA dan SPS, dari semua itu yang telah dikukuhkan jadi PAUD HI sebanyak 79 sejak tahun 2018 sampai 2020.

Nurlina menambahkan, sehubungan dengan percepatan PAUD HI, Disdikbud Parigi Moutong melakukan sosialisasi dan advokasi Peraturan Daerah (Perda) tentang PAUD HI. Juga kata dia, membentuk Gugus Tugas PAUD HI, kemudian melaksanakan Bimtek peningkatan kapasitas penyelenggara PAUD HI dan melakukan pendampingan satuan pendidikan penyelenggara PAUD HI.

“Upaya-upaya itu sudah dilakukan, secara bertahap dan diharapkan hasilnya kedepan semua satuan PAUD bisa menjadi PAUD Holistik Integratif,” ujarnya.

Diketahui, PAUD HI yaitu pendidikan anak usia dini yang terintegrasi berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas.

Program PAUD HI adalah program nasional yang dilaksanakan secara menyeluruh, menjamin terpenuhinya hak tumbuh kembang anak mulai dari usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak.

Pengembangan anak usia dini holistik integratif adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial. Semua layanan akan menjadi kebijakan yang perlu dilaksanakan demi pengembangan anak usia dini dengan selalu melibatkan pihak pemerintah, organisasi kemasyarakatan dan para orang tua.

Baca juga Seluruh PAUD di Parimo Harus Holistik Integral

Baca juga Disdikbud Sosialisasi dan Advokasi Gugus Tugas Pengembangan PAUD Holistik Integratif

Baca juga Lantik Bunda Paud Lebo, Nur Srikandi Puja: Harus Jadi Paud Holistik Integratif

Baca juga PAUD HI Desa Tinombo Layak Jadi Percontohan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *