Intensitas Curah Hujan Tinggi, 79 Hektar Sawah Terendam Air

oleh -77 views
Sawah terendam iar
Foto sawah di Kecamatan Kasimbar terendam air (Foto : Samudin)

Liputan : Sam Udin

Beritaplano,Kasimbar–  Intensitas curah hujan yang cukup tinggi dilaporkan sekitar 79 hektar  sawah   di Kecamatan  Kasimbar Kabupaten  parigi Moutong rusak. Terutama, padi yang ditanam dengan sistim tabela atau tanam bulir padi (benih) langsung.

UPTD Penyuluh  Kecamatan kasimbar  Iwayan Wardika SP,  pada beritaplano.com belum lama ini mengatakan, persawahan yang ada di  Desa  Ogodopi,  dan  Desa Kasimbar Palapi,  sekitar 70 Ha padi sawah yang baru saja ditanam dengan pola tabela   disapu luapan air hujan.

“Bibitnya  hanyut, mati akibat  sawah terendam air akibat hujan deras. Bekali-kali terendam air sehingga petani sawah merugi,” ungkapnya.

Olehnya itu kata I wayan Wardika,  petani di wilayah kerjanya saat ini sangat memprihatinkan akibat kerusakan  bibit padi. Bahkan kata dia, ada petani yang harus menanam dua kali, tetapi terendam lagi.

“Mereka susah payah mencari bibit bahkan beberapa  petani ada yang sudah dua kali melakukan tabela  namun hasil gagal,  usai ditabela  hari ini malam hari hujan lagi,” kata dia.

Terkait itu, pihaknya  sudah  melaporkan kepada Dinas terkait agar petani yang merugi dapat diperhatikan.

Sementara  itu, salah seorang  petani  sawah wilayah Desa kasimbar Utara, Abdi mengaku membutuhkan bantuan pemerintah melalui dinas terkait, terutama benih.

Baca juga PUPRP Alokasikan Rp 1 Milyar Untuk Pemeliharaan Jaringan Irigasi

Baca juga Meski Dilanda Wabah Covid-19, di Parimo Ketersediaan Beras Masih Memadai

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *