Cegah Stunting, PMD Bentuk KPM 278 Desa

oleh -4 views

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Sebagai bentuk keseriusan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) merespon program prioritas nasional yaitu penanganan dan pencegahan stunting, dibentuklah kader pembangunan manusia (KPM) di 278 desa.

Hal itu diungkapkan Sekretaris PMD Abd.Yakob kepada Beritaplano.com saat ditemui di ruang kerjanya, selasa (22/10/2019) kemarin. Dikatakannya, pembentukan KPM adalah perintah Kementrian Desa PDTT untuk mendampingi pemerintah dan masyarakat desa memfasilitasi pencegahan stunting di tingkat desa.

“Kami sudah membentuk kader pembangunan manusia (KPM) di 278 desa,  satu desa satu orang KPM, tugasnya untuk menginisiasi persoalan stunting, mereka akan berembuk di rumah desa sehat yang menjadi wadah mereka bersama pemangku kepentingan lainnya,” jelasnya.

Sebab kata dia, meski yang menjadi prioritas tahun ini hanya sepuluh desa tetapi Dinas PMD sudah melakukan pencegahan di 278 desa melalui pembentukan KPM.

“Kalau bicara pencegahan, itu semua desa karena KPM kita ada disemua desa. Mereka bersama pendamping desa juga perwakilan OPD terkait yang ada ditingkat desa  berkolaborasi dan memperkuat  jejaring untuk pencegahan stunting,” kata dia.