Menu

Mode Gelap

Ragam ยท 14 Sep 2019

Cari Ongkos Manggung, Musisi di Parigi Susun Rencana Ngamen


 Cari Ongkos Manggung, Musisi di Parigi Susun Rencana Ngamen Perbesar

Sumber: Sultengaktual.com

banner DiDisdik

DEMI TAMPIL MEMBAWA NAMA PARIGI MOUTONG DI GORONTALO.

PLANO, Parigi Moutong- Gabungan musisi di Kota Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, susun rencana turun ke jalan. Ancang-ancang untuk hadir di jalanan itu untuk mengamen demi mendapat bantuan dana.
Bukan tanpa alasan, belasan musisi itu bergegas mengumpul rupiah untuk dipakai membawa nama Kabupaten Parigi Moutong pada festival musik di Provinsi Gorontalo pada 22-26 September tahun ini.

“Kalau tiada kendala, hari Selasa sore, tanggal 17 pekan depan kami tampil mengamen di jalanan,” kata Arki Anggara, koordinator kegiatan yang diberi judul “Ngamen Donasi untuk Musisi”.

Kepada sejumlah pewarta pada Jumat 13 September, Arki menyebutkan, pilihan tindakan untuk mengais dana di jalanan lantaran tiada pilihan lain. Alasan tak ada wadah serta tiada bantuan dan porsi anggaran dari pemerintah jadi alternatif para musisi di Parigi untuk “mengemis” rupiah di jalan raya.

banner Dinas Kesehatan

Arki menjelaskan, karena tiada yang membawa nama Parigi Moutong di iven tersebut menjadi pemicu hasrat untuk tampil di Festival Pesona Danau Limboto. Tujuan lain untuk tampil nanti kata Arki, juga berorientasi mengasa skill serta memantapkan mental.

Katanya, dalam perjalanan beberapa tahun belakangan sudah tidak ada lagi kabar bahkan prestasi dibidang musik modern di Kabupaten Parigi Moutong. Tidak menutup kemungkinan kata Arki, Kabupaten Parigi Moutong bisa kehilangan generasi di bidang musik modern.
“Berdasar pada pemikiran itu sehingga kami menyimpulkan untuk menyiapkan diri tampil membawa nama Parigi Moutong pada festival di Gorontalo nanti. Dan yang paling bikin tertarik, festival di Gorontalo itu berskala nasional. Lewat moment itu kita bisa menampilkan bakat musisi asal Parigi, sekaligus menyampaikan ke publik kalau kabupaten yang berusia 17 tahun ini masih menyimpan generasi potensial di bidang musik modern.

Paling membanggakan, kata Arki lagi, adalah kemampuan pemusik di Parigi Moutong yang bisa memenuhi persyaratan pihak panitia Festival Pesona Danau Limboto. “Di acara itu peserta diwajibkan menampilkan satu lagu ciptaan dan satu lagu pilihan yang dicover sesuai genre yang ditawari panitia kegiatan. Dan Alhamdulillah dua band yang sudah mendaftar ikut festival itu berhasil menciptakan dan mencover lagu-lagu yang nanti ditampilkan. Itu sebuah kelebihan serta bakat yang patut dihargai, bahkan membanggakan, menurut saya,” ucap lelaki yang menekuni bidang fotografi itu.

Dalam rencana, gabungan musisi dari kota Parigi itu akan menampilkan dua grup band. Lintang Project dan Twenty Four band.

Dalam persiapannya, dua kelompok band tersebut sudah mulai mematangkan konsepnya sejak dua pekan terakhir. Kini dua grup tersebut menyatakan siap tarung di panggung Festival Pesona Danau Limboto, Provinsi Gorontalo.

Arki mengungkap, keterbatasan anggaran yang masih jadi kendala saat ini. “Itu sebabnya kami berinisiatif menggalang dana lewat kegiatan mengamen di jalanan serta menggelar bazar kopi. Mudah-mudahan kegiatan ngamen dan bazar nanti tidak menuai kendala,” ujarnya.

Dalam rencana, papar Arki, giat Ngamen Donasi untuk Musisi akan dilakukan di samping SPBU Kampal, jalan trans sulawesi. Sedangkan untuk acara bazar dilaksanakan di Waroenk Kopi Paste Kelurahan Kampal, Kota Parigi. “Acara bazar diselenggaran pada Rabu malam tanggal 18 bulan ini. Untuk menambah hidupnya suasana, acara bazar itu akan diisi live music oleh gabungan musisi musik modern terkait.

“Semoga lewat kegiatan ngamen dan bazar serta sedikit rupiah dari para dermawan, mampu memberangkatkan kami untuk tampil manggung di Provinsi Gorontalo,” harap Arki. “Juara bukan tujuan utama dalam rencana ini. Bisa tampil di festival berskala besar itu merupakan misi utama kami,” sambung ayah satu anak itu.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

3 Keutamaan Sholat Tarawih: Meningkatkan Kualitas Ibadah di Bulan Ramadhan

30 Maret 2023 - 15:32

Keutamaan Sholat Tarawih

3 Aktivitas Kreatif untuk Dilakukan Bersama Keluarga saat Lebaran

28 Maret 2023 - 15:48

Aktivitas Kreatif saat Lebaran

5 Destinasi Wisata Seru untuk Dikunjungi Selama Idul Fitri

28 Maret 2023 - 15:25

Destinasi Wisata

10 Makanan Khas Lebaran yang Harus Anda Coba

28 Maret 2023 - 15:08

Makanan Khas Lebaran

7 Tradisi Unik Merayakan Idul Fitri di Indonesia

28 Maret 2023 - 14:59

Merayakan Idul Fitri

5 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Video di YouTube

19 Maret 2023 - 09:51

Meningkatkan kualitas video di YouTube
Trending di Ragam