Camat Lantik BPD 14 Desa Se-Kecamatan Moutong

oleh -3 views
Pelantikan BPD 14 Desa di Kecamatan Moutong (Foto:Rais)

Reporter : Rais H. Rantenai

PLANO, Moutong- Pemerintah Kecamatan Moutong  menggelar pelantikan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2019-2025 dan periode 2020-2026 dari 14 Desa di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Moutong, Rabu  (22/01/2020).

Camat Moutong Aftar Muhamad Nusa dalam sambutannya mengatakan, anggota BPD dari 14 Desa yang dilantik pada hari ini merupakan wakil dari masyarakat yang dipilih berdasarkan keterwakilah wilayah/dusun sebagai bagian dari pemerintahan desa dan juga sebagai lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Lanjut dia, BPD secara umum mempunyai kewenangan melakukan pengawasan terhadap pemerintah desa sekaligus merupakan mitra pemerintah desa. BPD bersama Kepala Desa membentuk peraturan desa (perdes) dan menyetujui anggaran-anggaran yang dilaksanakam di desa serta mengawasi kinerja pemerintah desa.

Aftar Muhamad Nusa menambahkan, sekarang ini BPD dan Pemerintah Desa di tuntut untuk segera membentuk Peraturan Desa (Perdes) tentang kewenangan desa. Sebab kata dia, untuk wilayah Kecamatan Moutong, baru ada dua desa yang sudah membuat Perdes.

Oleh karena itu, Camat mengimbau dalam pergantian BPD baru ini, setiap desa harus merumuskan perdesnya, sehingga Dana Desa dam Alokasi Dana Desa di tahun 2020 ini bisa tersalurkan sesuai aturan.

“Harapan saya agar bisa lebih meningkatkan kinerjanya dan lebih aktif lagi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya secara bersama-sama,” ujarnya.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh pegawai dan seluruh staf Kecamatan Moutong, aparat Kepolisian Polsek Moutong, Pegawai Kejaksaan Cabang Moutong, Kepala Puskesmas Moutong, Kepala Desa dan aparat desa se- Kecamatan Moutong dan anggota BPD se-Kecamatan Moutong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *