Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 13 Nov 2020

BUMDES ‘Stagnan’ Perlu Dievaluasi


 Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabupaten Parigi Moutong, Ervian aksa Yosa S.STP (Foto : FARA) Perbesar

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabupaten Parigi Moutong, Ervian aksa Yosa S.STP (Foto : FARA)

Liputan : Eli

Parigi Moutong – Dari 278 desa yang tersebar di 23 kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong, diakui belum semuanya memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang sesuai dengan tujuan pembentukannya yaitu mampu mendongkrak perekonomian desa. Kenyataannya sebagian besar BUMDES masih ‘stagnan’ atau tidak berkembang.

banner DiDisdik

Terkait itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Parigi Moutong, Ervian Aksa Yosa, kepada Beritaplano.com mengatakan, tidak dipungkiri BUMDES berperan penting untuk pemulihan ekonomi desa, apalagi selama dilanda pandemi COVID-19. Sehingga BUMDES yang masih saja ‘stagnan’ perlu dievaluasi.

“Biasanya pengurus BUMDES merencanakan apa yang akan mereka buat untuk peningkatan pendapatan masyarakat. Kita tidak pungkiri masih ada yang stagnan. Akhir tahun nanti kita akan jalan untuk sinkronisasi perencanaan di masing-masing bidang. Selain ada rapat kordinasi secara lisan di kantor kita harus sering melihat ke desa agar mereka termotivasi,” bebernya.

Menurut Ervian, BUMDES adalah salah satu lembaga ekonomi yang ada di desa yang dikelola dengan melibatkan masyarakat. BUMDES sangat berperan penting untuk pemulihan ekonomi desa.

“BUMDES punya peran penting untuk pemulihan ekonomi selama pandemi ini,” tandasnya.

banner Dinas Kesehatan

Diketahui, terdapat empat tujuan utama pendirian BUMDES, yaitu meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengolahan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi pedesaan. Pendirian dan pengelolaan BUMDES  adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara kooperatif, partisipatif, emansipatif, transparansi, akuntabel, dan sustainable. Oleh karena itu diperlukan upaya yang cukup serius agar BUMDES dapat berjalan secara efektif, efesien, profesional dan mandiri.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 36 kali

Baca Lainnya

Mencengangkan, Sekelas BKPSDM Parimo Akui Keliru Terbitkan Tanggal SK Pemberhentian Pejabat Eselon 2

17 Februari 2023 - 00:14

Pejabat Eselon 2 Yang Dinonaktifkan, Pidanakan Bupati  Parigi Moutong

16 Februari 2023 - 17:48

Disdukcapil Parimo Sasar Siswa Rekam KTP

13 Februari 2023 - 21:15

Indonesia Siapkan Bantuan Uang Tunai Masing-Masing 1 Juta Dolar AS untuk Turki dan Suriah

11 Februari 2023 - 13:47

KTT G20, Jokowi: Kita Perlu WHO Yang Kuat dan Bertaring

15 November 2022 - 16:07

Urai Kemacetan Pantura, Tol Semarang-Demak Seksi II Siap Dibuka

14 November 2022 - 17:24

Trending di Pemerintahan