BPS Lakukan Pendataan Susenas

oleh -9 views

Reporter : Sam’Udin

PLANO, Palasa – Badan Pusat statistiK ( BPS ) Kabupaten Parigi Moutong mulai melakukan pendataan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), salah satunya di Desa Ulatan Kecamatan Palasa.

Secara umum tujuan Susenas untuk tersedianya data tetang kesejahteraan  masyarakat dibidang pendidikan, kesehatan, dan kemampuan daya beli. Demikian diungkapkan    Koordinator Statistik  Kecamatan (KSK) Hanafi Hi Halide pada berita Plano.com, Senin (16/3/2020).

Oleh karena itu kata dia, pendataan Susenas harus dilakukan dari rumah ke rumah, melakukan wawancara terhadap responden untuk mengetahui dengan pasti kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Dia mengatakan, kondisi tersebut meliputi kesehatan, pendidikan, perumahan dan kondisi sosial ekonomi lainnya.

“Data indikator dari Susenas telah dipergunakan secara luas dan dipandang sebagai salah satu bukti penting yang dapat berguna disegala bidang dan evaluasi program pembangunan pemerintah,” jelasnya.

Dia menambahkan, pendataan Susenas ini dilaksankan dua kali dalam setahun, pada  bulan Maret dan September, sehingga data yang dihasilkan dapat dijadikan rujukan baik pemerintah maupun swasta.

“Untuk itu diharapkan kepada kepada masyarakat bisa lebih merespon dan terbuka dalam menyampaikan keadaan sosial ekonomi rumah tangga,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *