Biaya Pengobatan Pasien Covid-19  Ditanggung Pemerintah

oleh -3 views

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Berdasarkan surat edaran Kementrian Kesehatan bahwa seluruh biaya pengobatan pasien covid-19 ditanggung oleh pemerintah. Itulah sebabnya sampai saat ini, seluruh pasien ODP dan PDP covid-19 yang ditangani Rumah Sakit Anutaloko Parigi Moutong tidak dibebani dengan biaya perawatan.

Dikonfirmasi terkait itu, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Parigi Moutong Irwan S,KM M,Kes membenarkan hal tersebut. Dikatakannya, terkait dengan anggaran penanganan covid-19, masih dilakukan refokusing. Kata dia, termasuk biaya perawatan pasien covid-19, saat ini masih sementara dikoordinasikan dengan pihak provinsi dan pusat, apakah akan ditanggung oleh pusat, provinsi atau kabupaten.

“Namun sampai dengan hari ini pihak Rumah Sakit  Anuntaloko tidak membebani pasien covid-19 dengan biaya perawatan,” ujar Irwan yang juga sekretaris Bappelitbangda Parigi Moutong, kepada Beritaplano.com via WatsAapnya, selasa (14/4/2020).

Diketahui berdasarkan update data resmi Kominfo, sampai dengan 13 Maret 2020 data kasus covid-19 di Parigi Moutong jumlah ODP sebanyak 24 dan PDP 1 orang dan, terkonfirmasi  positif masih 0.

Sementara ditempat berbeda, kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong, Husna mengatakan hal serupa.

“Kebijakan sudah ada dari Kemenkes, aturan pasien covid-19 baik itu pasien ODP dan PDP yang berobat di Rumah Sakit yang bekerjasama dengan BPJS ataupun tidak, akan ditanggung oleh pemerintah,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, selasa (14/4/2020).

Kepala BPJS Parigi Moutong, Husna (Foto: Eli Leu)

Hanya saja kata dia, secara teknis yang melakukan verifikasi adalah petugas BPJS di masing-masing daerah.

“Baik yang tidak ada kartu JKNnya ataupun yang ada,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *