Basis Data Siskeudes 2021 Ditingkatkan, Bimtek Aplikasi Akan Diadakan Virtual

oleh -
Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Ervian Aksa Yosa (Foto: Zahra)

Liputan : Zahra Zaenong

Parigi Moutong– Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Parigi Moutong,  saat ini sementara menyalurkan pangakalan data atau biasa disebut database Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang baru diupgrade ke semua desa.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas PMD, Ervian Aksa Yosa, kepada Beritaplano.com saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/1/2020).

“kita untuk sementara ini  sedang menyalurkan database siskeudes yang baru. Dengan keadaan sekarang kita kirim melalui email kepada teman-teman desa, untuk mengunggah database yang baru itu,” ujarnya.

Ervian menjelaskan, penting untuk segera mengirimkan database Siskeudes tersebut karena aplikasi itu digunakan desa untuk menginput sistem keuangan yang ada di desa. Termasuk kelembagaan desa, pemberdayaan masyarakat, penataan desa atau yang umum dilaksanakan di desa.

Ervian mengatakan, terkait penyaluran dan penggunaan aplikasi Siskeudes, sejauh  ini tidak mengalami kendala yang berarti. Sebab pengimputan data, bisa dilakukan secara  luring (offline).

“Memang tidak semua desa memiliki akses internet tetapi aplikasi tersebut bisa digunakan secara offline. dan untuk SDM atau operatornya  akan diberikan bimbingan teknis (BIMTEK),” bebernya.

Ditanya tentang waktu pelaksanaan Bimtek, Ervian menyampaikan ada perencanaan di bulan Januari ini, dan akan dilakukan secara virtual. Hanya saja kata dia, secara teknis masih akan dibicarakan mengingat tidak semua desa mendapatkan akses layanan internet.

“Insyaallah kami akan melaksanakan Bimtek dari apalikasi yang terbaru tadi. Mudah-mudahan bisa kita laksanakan bulan ini. Hanya nanti model pertemuannya itu yang akan kita mau atur dulu,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *