Bappelitbangda Susun RPKD Tahun Ini

oleh -
Bappelitbangda Susun RPKD Tahun Ini
Kepala Bidang Ekonomi Bappelitbangda, Novi Banda

Liputan : Zahra Syafira

Parigi Moutong– Dokumen Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RPKD) Kabupaten Parigi Moutong, akan disusun tahun ini dengan melibatkan akademisi dan Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Kepala Bidang Ekonomi pada Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (BAPPELITBANGDA) Kabupaten Parigi Moutong, Novi Banda mengatakan, dokumen RPKD sangat penting karena akan menjadi pedoman OPD terkait untuk memprogramkan kegiatan yang berkaiatan dengan penanggulangan kemiskinan.

Novi menjelaskan, berdasarkan Kemendagri 53 tahun 2020 program RPKD ini bertujuan untuk percepatan penanggulangan kemiskinan terutama di masa pandemi COVID-19.

“Program ini segera dilaksankan mengingat semua persiapanya sudah dilakukan dari tahun kemarin,” ujarnya kepada Beritaplano.com saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Kata Novi, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) sudah melakukan sosialisasi di akhir tahun kemarin, demikian juga dengan Bimtek penyusunan RPKD.

“Jadi tahun ini tinggal menindaklanjuti saja sesuai arahan undang-undang,” kata dia.

Dia menjelaskan, RPKD itu digunakan sebagai dasar untuk program kemiskinan selama lima tahun ke depan. Berlaku mirip seperti RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). RPKD akan disusun bersamaan dengan RPJMD. Selain itu dalam penyusunannya  juga akan melibatkan akademis .

“Dalam penyusunan dokumen itu akan sama seperti RPJMD, akan melibatkan akademisi juga karena ada kajian di dalamnya,” terangnya.

Lanjut dia, karena program ini dilakukan bersama dengan lembaga lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan, maka diharapkan kerja sama semua pihak yang akan terlibat.

“Agar tujuan untuk mempercepat penanggulanagan kemiskinan di masa pandemi COVID-19 dapat terwujud,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *