Bappelitbangda Susun Dokumen Review RAD AMPL 2020-2024

oleh -30 views
Bappelitbangda Susun dokumen RAD AMPL
Kepala Bidang Perencanaan Infrakstruktur dan Pengembangan Wilayah (PIPW), pada Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (bappelitbangda) Sudiara ST

Liputan : Eli

Beritaplano.com, Parigi Moutong – Bidang Perencanaan Infrakstruktur dan Pengembangan Wilayah (PIPW) pada Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (bappelitbangda) Parigi Moutong, tengah merivew dan menyusun ulang dokumen rencana aksi daerah (RAD) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) untuk tahun 2020 sampai 2024 mendatang.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang PIPW pada Bappelitbangda Parigi Moutong Sudiara ST, kepada Beritaplano.com saat ditemui di ruang kerjanya, selasa (21/7/2020).

“Kami kemarin sudah rapat soal rencana review RAD AMPL 2015-2019, untuk tahun 2020 ini harus disusun RAD AMPL untuk 2020-2024. Hal  itu menindaklanjuti  rapat nasional di Kalimantan 2019 lalu, semua kabupaten kalau sudah berakhir harus direview kembali. Kita sudah rapat awal dengan OPD teknis,” jelasnya.

Kata dia, ada berapa hal yang harus disesuaikan kembali dengan RAD AMPL , misalnya perlu diselaraskan dengan RPJMD dari segi target, kebijakan dan dari segi sasaran juga dengan dokumen master plan air bersih di Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Parigi Moutong.

“Dalam riview ini juga akan mengacu pada RPJMN 2020-2024 dan RPJMD Parigi Moutong 2019-2023,” kata Sudiara.

Selain itu, hal lain yang perlu disesuaikan, RAD AMPL sebelumnya mengacu pada millennium development goals (MDG’s) tetapi sekarang harus menyesuaikan dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

“Setiap pengusulan ke APBN disamping ada buku putih sanitasi harus ada dokumen RAD AMPL. Dokumenya dipakai 2020-2024 kemudian direview lagi, termasuk disesuaikan dengan master plan air minum juga di PUPRP,” tutupnya.

Baca juga Enam Desa Diusulkan Terima Program Pamsimas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *