Bappelitbangda Sudah Bahas Program Usulan DAK 2021 

oleh -62 views
Kepala Bidang Perencanaan Infrakstruktur dan Pengembangan Wilayah (PIPW), pada Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (bappelitbangda) Sudiara ST

Liputan : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong bersama OPD teknis, sudah membahas sejumlah program yang diusulkan untuk dibiayai Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 mendatang.
Demikian diungkapkan Kepala Bidang Perencanaan Infrakstruktur dan Pengembangan Wilayah (PIPW) Bappelitbangda, Sudiara, ST kepada Beritaplano.com, di kantornya.
Sudiara mengatakan, untuk OPD mitra Bidang PIPW Bapelitbangda  belum lama ini pihaknya mengundang Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP), Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan.
“Diundang untuk bahas kegiatan yang tidak jadi dikerjakan di 2020 diusulkan lagi di 2021, disamping ada tambahan baru,” kata dia.
Lanjut dia, setiap tahun secara nasional semua Kabupaten/Kota boleh mengusulkan program untuk dibiayai DAK, hanya saja tidak semua bisa diakomodir.
“Dananya hanya sedikit, sekitar Rp 3 Triliun se-Indonesia, siapa yang lengkap dokumennya itu yang lolos. Kita sesuaikan dengan prioritas nasional seperti stunting dengan kegiatan untuk menurunkan angka kemiskinan. Itukan isu nasional jadi ada peluang,” bebernya.
Kata dia, untuk Dinas PUPR tahun 2021 mengusulkan kembali pengadaan air bersih untuk sanitasi dan pembukaan atau peningkatan jalan strategis.
“Karena Covid-19 ini, air bersih dan sanitasi tetap ada,” ungkapnya.
Sedangkan kata dia, untuk Dinas Perumahan dan Perumahan mengusulkan program yang berkaitan dengan rumah tidak layak huni.
“Program itu juga untuk mendukung penurunan kemiskinan. Hanya saja mereka belum punya dokumen master plan atau perencanaan,” jelasnya.
Tambahnya, untuk Dinas Perhubungan masih mengusulkan pengadaan mobil desa, bagi yang belum terakomodir tahun ini.
“Saya berharap itu memang diberikan kesempatan untuk desa-desa yang jauh atau terpencil dan sangat membutuhkan,” harapnya.
Sedangkan Dinas Lingkungan Hidup, mengusulkan dukungan anggaran untuk pengelolaan lingkungan seperti penanganan sampah dan sanitasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *