Aplikasi Online SIM BG Permudah Penerbitan Izin

oleh -2 views
Sekretaris Dinas PUPRP Rivay ST ,M,Si (Foto :Istimewa)

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Parigi Moutong bersama Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Parigi Moutong menyerahkan dokumen berupa Sertifikat Laik Fungsi (SLF) kepada pihak pemohon. Penyerahan SLF juga bersamaan dengan dibukanya sistem pengajuan perizinan secara online, berbasis web dan diaplikasikan dengan nama Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung atau SIM BG. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang kerja Sekretaris DPUPRP, Senin (18/11).

Rivai ST MSi selaku sekretaris DPUPRP Parigi Moutong menjelaskan bahwa diberlakukannya sistem pengajuan perizinan pertama di Sulawesi Tengah yang dilakukan  secara online, berbasis web dan diaplikasikan dengan nama Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung atau SIM BG. Bertujuan untuk memudahkan masyarakat.

“Tadi penyerahan SLF sertifikat laik fungsi. Sekarang kita yang pertama kali di Sulawesi Tengah ini menggunakan SIM BG ini, jadi semua IMB (Izin Mendirikan Bangunan) maupun SLF bisa diajukan oleh pemohon melalui aplikasi (SIM BG) ini,” ujar Rivai.

Aplikasi SIM BG yang baru saja diluncurkan itu menurut Rivai, sangat memudahkan pemohon untuk mendapatkan izin, baik IMB ataupun SLF, pasalnya pada proses pengajuan izin, bisa dilakukan dimana saja. Menurutnya, pihak pemohon hanya perlu mengupload dokumen yang diperlukan, dan proses untuk mendapatkan izin paling lambat 3 hari.

“Masyarakat yang mau mengajukan izin tidak perlu lagi datang kemari. Aplikasi ini sangat mempermudah. Hanya upload saja semua dokumen yang diperlukan melalui aplikasi, dan selanjutnya akan diproses oleh tim pemeriksa. Untuk waktu penerbitan (izin)nya itu 3 hari sudah terbit,” tutup Rivai. (Sumber : Facebook PUPRP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *