APBD-P 2020, Dinas PUPRP Parimo Fokus Infrastruktur Kota dan Antisipasi Bencana

oleh -
Plt Kepala Dinas PUPRP Parigi Moutong, Rivay ST (Foto : PUParigiMoutong.com)

Laporan : Faradiba

Berita Parigi MoutongAnggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2020, pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong, difokuskan untuk pembenahan infrastruktur dalam Kota Parigi dan antisipasi bencana.

Plt Kepala Dinas PUPRP Parigi Moutong, Rivay ST mengatakan, untuk Bidang Sumber Daya Air (SDA) alokasi APBD-P diperuntukan untuk antisipasi bencana berupa normalisasi sungai.

“Normalisasi sungai diantaranya, sungai Petapa, sungai Olaya, sungai di Kota Parigi, sungai cabang 3 di Lambunu, sungai Ogomolos dan sungai Karya Mandiri. Selain itu Bidang SDA juga akan menangani galian endapan pada irigasi Korontua dan Olonjongi,” ujar Rivay, Rabu (4/11/2020) yang dilansir dari PUParigiMoutong.com.

Lanjut Rivay, untuk Bidang Cipta Karya, anggaran APBD-P nya diperuntukan untuk pembangunan dan pemeliharaan drainase di sejumlah titik pada wilayah Kota Parigi.

“Pembangunan dan pemeliharaan drainase dalam Kota Parigi berlokasi di Kelurahan Bantaya, Kampal dan Masigi, ditambah dengan pembangunan MCK di lokasi wisata Baturiti, Desa Balinggi,” terang Rivay.

Dari Bidang Bina Marga ada program perbaikan jalan rusak serta pembuatan jalan rabat beton.

“Pemeliharaan atau perbaikan jalan pelaksanaannya berada dalam Kota Parigi, serta pembuatan jalan rabat beton di beberapa lokasi, diantaranya lorong Pondok Pasantren Abnaul Alkhairaat di Kelurahan Masigi, jalan dalam pasar Tolai, jalan di kelurahan Maesa dan Loji,” beber Rivay.

Selain itu, untuk Bidang Pertanahan, akan ada pembayaran pelunasan lokasi tanah untuk pembangunan fasilitas Pemerintah Daerah.

Pembayaran lahan yang dimaksud, diantaranya yakni lahan pembangunan SMK Pariwisata, lokasi Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Kecamatan Moutong dan Balinggi serta Puskesmas Ongka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *