Antisipasi Lonjakan Mudik, Dishub Perketat Penjagaan Alur Keluar Masuk Parigi Moutong

oleh -12 views
Foto : Istimewa

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Antisipasi penyebaran covid-19, Dinas Perhubungan Kabupaten Parigi Moutong, menurunkan  20 orang personil yang ditugaskan untuk berjaga di lima pos perbatasan keluar masuk wilayah. Penjagaan semakin diperketat, untuk menekan arus mudik warga dari wilayah yang sudah terdapat kasus positif corona.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Joni Tagunu kepada Beritaplano.com, saat ditemui di ruang kerjanya, selasa (5/5/2020).

“Selama ini memang kita sudah lock down malam pukul 19.00 sampai 07.00 pagi, di wilayah perbatasan, tetapi semakin diperketat karena kita menjaga orang dari zona merah yang mudik agar bisa diantisipasi. Mereka harus diperiksa dulu karena di setiap pos ada tim gabungan termasuk kesehatan,” tandasnya.

Joni mengatakan, khusus untuk pos Toboli, petugas Dishub yang bersinergi dengan Kepolisian, TNI dan Satuan Pol-PP mengatur jarak parkir kendaraan yang diberhentikan.

“Sebenarnya yang kami jaga itu manusianya, yang datang itu kan berpotensi bawa virus bukan mobilnya. Tetapi ini salah satu cara untuk mengurai kerumunan orang,” ujarnya.

Dikatakannya, bersama OPD dan instansi terkait lainnya, pihaknya terus mengupayakan agar Parigi Moutong tetap dalam posisi aman, atau negatif corona. Sehingga memperketat penjagaan disetiap pos perbatasan.

“ Pada kondisi tertentu seperti ada ibu hamil, lansia, balita dan sembako kami beri kebijakan. Tetapi kami periksa dengan teliti atau kami sortir siapa yang boleh lewat,” tandasnya.

Itulah sebabnya kata dia, guna menghindari ada penumpukan penumpang atau mobil di setiap perbatasan, pihaknya berharap warga taat terhadap pengaturan jadwal buka-tutup jalan.

“Kami imbau, warga jangan melintas disaat penutupan jalan kan itu sudah disosialisasikan jauh-jauh hari. kami mohon semua patuh, kan ada waktu-waktu  dimana jalan dibuka sehingga tidak menumpuk di perbatasan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *