Ancam Pemukiman Warga, DPUPRP Akan Normalisasi Lima Sungai

oleh -
Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Parigi Moutong, Rivai ST, M,Si

Beritaplano, Parigi Moutong – Ancam pemukiman warga, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Parigi Moutong rencananya akan melakukan normalisasi di lima sungai.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPRP, Rivai, ST MSi menjelaskan bahwa, perlu untuk dilakukan normalisasi mengingat jika terjadi banjir, sungai tersebut mengikis bantaran sungai sehingga mengancam keberadaan warga sekitar sungai.

Lima sungai yang dimaksud yaitu, Sungai Cabang Tiga Lambunu, Sungai Desa Karya Mandiri, Sungai Ogomolos di Mepanga, Sungai Tilung dan Sungai Silutung.

“Ini lima sungai yang kami tangani dalam waktu dekat untuk dinormalisasi Karena sudah mengancam pemukiman dan fasilitas publik akibat banjir yang melanda,” ujarnya

Rivai mengatakan, Dinas PUPRP melalui bidang Sumber Daya Air (SDA) akan mengerahkan alat berat Excavator, dan kemungkinan akan dimulai dari Sungai Cabang Tiga Lambunu.

“Melalui bidang SDA kami akan kerahkan alat eksavator ke lokasi sungai tersebut. Yang pertama akan kami lakukan normalisasi itu Sungai Cabang Tiga, kemudian lanjut ke Sungai Desa Karya Mandiri dan kemudian ke Sungai Ogomolos, setelah itu Sungai Tilung dan Silutung,” kata Rivai.

Rivay menambahkan, meski saat ini Dinas PUPRP mengalami keterbatasan anggaran, namun pihaknya harus tetap melakukan normalisasi sungai mengingat intensitas curah hujan yang masih cukup tinggi akhir-akhir ini dan banjir tidak bisa diprediksi bisa datang kapan saja.

“Ini harus ditangani secepatnya walaupun dengan kondisi keuangan yang terbatas, karena air sungai sudah mengancam pemukiman warga dan fasilitas publik disana,” tutup Rivai.  (Sumber PUPRP Parigi Moutong Online)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *