Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 17 Mar 2022

Aksi Penanaman Pohon Memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-39 Tahun 2022


 Aksi Penanaman Pohon Memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-39 Tahun 2022 Perbesar

BERITAPLANO – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-39 yang jatuh pada tanggal 16 Maret 2022 serta sebagai salah satu bentuk kampanye lingkungan hidup, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Papua melakukan aksi penanaman pohon dan pelepasan satwa liar bertempat di Taman Burung dan Taman Anggrek di Kampung Ruar Bosnik pada Selasa (15/3/2022). Penamanan pohon ini mengusung tema sesuai dengan tema Hari Bakti tahun 2022 “Rimbawan Menjaga Lingkungan, Menyukseskan Presidensi G20 Indonesia”.

banner DiDisdik

Dalam sambutannya, Kepala P3E Papua, Edward Sembiring menyampaikan bahwa Dalam menjaga dan mempertahankan indeks kualitas lingkungan hidup, keberadaan hutan lestari sangat penting untuk kita jaga bersama-sama. “Mari kita jaga hutan Papua khususnya hutan yang ada di Kabupaten Biak Numfor bersama-sama. Hutan ini titipan dari anak cucu kita yang harus kita jaga keutuhannya sebagai pertanggungjawaban kita kepada Anak Cucu ketika mereka besar nanti,” ungkapnya.

Pada aksi penanaman pohon ini, sebanyak 200 bibit pohon telah disiapkan oleh KPHL Biak Numfor, terdiri dari bibit mangga, rambutan, matoa, nyatoh, bintanggur. Selain itu, Para Rimbawan juga melepas beberapa satwa liar antara lain Perkici Biak (Trichoglossus rosenberg) , Jagal Papua (Cracticus cassicus), Nuri Sayap Hitam (Eos cyanogenia). Selain itu ada juga Ular Sanca yang akan dilepasliarkan di Kawasan Cagar Alam di Biak Utara.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Asisten II Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Lot Yensenem menyampaikan bahwa melalui kegiatan kampanye lingkungan yaitu aksi penanaman pohon dan pelepasan satwa liar, telah berjalan selaras untuk mendukung Kabupaten Biak Numfor dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan dan merupakan kesempatan yang baik untuk melakukan refleksi, motivasi dan inovasi dalam kiprah kerja lingkungan hidup dan kehutanan.

“Pemerintah Kabupaten Biak Numfor berterimakasih kepada para rimbawan yang telah menjaga lingkungan. Pesan kami sebagai kepala daerah yaitu bukan hanya pohon yang kita lindungi dan lestarikan akan tetapi juga menjaga ekosistem laut yang tidak luput sebagai kewajiban kita,” ungkapnya.

banner Dinas Kesehatan

Turut hadir dalam aksi penanaman pohon, Asisten II Setda Kabupaten Biak Numfor, Wakil Ketua DPRD Kab.Biak Numfor, Komandan Korem 173, Komandan Pangkalan Udara Manuhua, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Biak, Kapolres Biak Numfor, Komandan Kodim Biak, Pimpinan Bank BRI,Pimpinan Bank Mandiri, dan Pimpinan PT.Wapoga, SMP dan SMA se-Kabupaten Biak Numfor.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

3 Keutamaan Sholat Tarawih: Meningkatkan Kualitas Ibadah di Bulan Ramadhan

30 Maret 2023 - 15:32

Keutamaan Sholat Tarawih

3 Aktivitas Kreatif untuk Dilakukan Bersama Keluarga saat Lebaran

28 Maret 2023 - 15:48

Aktivitas Kreatif saat Lebaran

5 Destinasi Wisata Seru untuk Dikunjungi Selama Idul Fitri

28 Maret 2023 - 15:25

Destinasi Wisata

10 Makanan Khas Lebaran yang Harus Anda Coba

28 Maret 2023 - 15:08

Makanan Khas Lebaran

7 Tradisi Unik Merayakan Idul Fitri di Indonesia

28 Maret 2023 - 14:59

Merayakan Idul Fitri

5 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Video di YouTube

19 Maret 2023 - 09:51

Meningkatkan kualitas video di YouTube
Trending di Ragam