Akibat Pandemi COVID-19, Pelaksanaan Ujian Semester SD Gunakan Dua Metode

oleh -
Kabid SD Ince Pina (Foto:istimewa)

Liputan : Eli

Parigi Moutong – Pelaksanaan ujian semester Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Parigi Moutong tengah berlangsung. Ujian dimulai tanggal 7 hingga 12 Desember 2020 mendatang. Mengingat masih pandemi COVID-19, metode yang digunakan untuk siswa kelas atas dan bawah disesuaikan.

Demikian diungkapkan, Kepala Bidang Manejemen SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong, Ince Pina kepada Beritaplano.com saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/12).

Ia mengatakan, pelaksanaan ujian semester masa pandemi mengalami perubahan, hal ini karena komitmen untuk tetap mengutamakan keselamatan siswa dan guru agar terhindari dari virus corona. Kata dia, untuk siswa kelas atas (4,5 dan 6) mengikuti ujian semester di sekolah, sedangkan untuk kelas 1, 2 dan 3 ujian dilaksanakan dari rumah.

“Kelas atas datang ke sekolah dan sudah menggunakan seragam tetapi wajib mengikuti protokol kesehatan. Maksimal 18 siswa masuk dalam satu ruangan.  Kelas bawah atau 1,2 dan 3 itu guru  mengantarkan soal/tugas yang mereka akan kerjakan ke rumah masing-masing siswa  atau dibuat kelompok di rumah-rumah siswa. Ujian tidak menggunakan metode daring karena kendala jaringan,” jelasnya.

Sejauh ini kata Ince Pina, sesuai dengan hasil monitoring yang dilakukan oleh timnya disejumlah sekolah secara sampling, ujian semester berlangsung lancar.

“Secara serentak dilaksanakan tanggal 7 Desember kemarin, tetapi ada juga beberapa kecamatan yang banyak umat kristiani mereka dahulukan seminggu sebelumnya, karena mereka mempersiapkan hari raya (Natal). Sejauh ini saya sudah turun, tidak ada kendala. Kami kan sudah monitoring beberapa sekolah dan menerima laporan dari bawah. Kebetulan saya monitoring sekalian dengan realisasi DAK jadi sekalian,” bebernya.

Ia berharap, pelaksanaan ujian semester tetap berlangsung dengan lancar hingga dinyatakan selesai. Demikian juga dikatakannya, siswa kelas atas yang datang ujian di sekolah tetap memperhatikan protokol kesehatan, disiplin menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *