Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 30 Mar 2023

8 Cara Ampuh Mengatasi Flek Hitam pada Kulit


					Ket. Foto: Ilustrasi Pigmentasi Pada Wajah by ShutterStock Perbesar

Ket. Foto: Ilustrasi Pigmentasi Pada Wajah by ShutterStock

Beritaplano.com РFlek hitam atau hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang membuat daerah tertentu pada kulit menjadi lebih gelap atau berpigmen lebih banyak dari kulit sekitarnya. Flek hitam dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari, penuaan, ketidakseimbangan hormon, dan bekas jerawat. Untuk mengatasi flek hitam, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, baik secara alami maupun dengan menggunakan produk perawatan kulit yang tersedia di pasaran.

banner DiDisdik

Penyebab Flek Hitam

  1. Paparan sinar matahari: Sinar UV dari matahari adalah penyebab utama flek hitam pada kulit. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merangsang produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit. Hal ini dapat menyebabkan daerah-daerah tertentu pada kulit menjadi lebih gelap dan berpigmen lebih banyak dari kulit sekitarnya.
  2. Penuaan: Penuaan dapat mempengaruhi produksi melanin pada kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi melanin pada kulit dapat berkurang, tetapi flek hitam pada kulit dapat terbentuk sebagai akibat dari kerusakan pada melanosit, sel yang memproduksi melanin.
  3. Ketidakseimbangan hormon: Ketidakseimbangan hormon, terutama selama kehamilan atau menopause, dapat menyebabkan flek hitam pada kulit.
  4. Bekas jerawat: Bekas jerawat yang meradang dapat meninggalkan flek hitam pada kulit. Hal ini disebabkan oleh peradangan yang memicu produksi melanin yang lebih banyak di daerah tersebut.

Cara Mengatasi Flek Hitam

  1. Melindungi kulit dari sinar matahari: Melindungi kulit dari paparan sinar matahari sangat penting untuk mencegah flek hitam. Gunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi setiap kali beraktivitas di luar ruangan dan hindari paparan sinar matahari secara langsung pada kulit selama periode waktu yang lama.
  2. Menggunakan produk perawatan kulit: Terdapat berbagai produk perawatan kulit yang dapat membantu mengatasi flek hitam, seperti krim pemutih kulit, serum, dan pelembap dengan bahan-bahan seperti asam kojic, vitamin C, dan asam glikolat. Produk-produk tersebut dapat membantu mengurangi produksi melanin pada kulit dan membuat kulit terlihat lebih cerah dan merata.
  3. Menggunakan bahan-bahan alami: Bahan-bahan alami seperti lemon, lidah buaya, dan madu juga dapat membantu mengatasi flek hitam pada kulit. Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu mengurangi produksi melanin pada kulit, sedangkan lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu meredakan peradangan pada kulit yang dapat menyebabkan flek hitam. Madu, di sisi lain, dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kulit serta membantu mempercepat penyembuhan kulit.
  4. Membuat perubahan gaya hidup: Beberapa perubahan gaya hidup seperti menjaga kulit. Makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran hijau dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan memperbaiki kerusakan kulit yang sudah terjadi.
  5. Mengkonsumsi makanan sehat: Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi juga dapat membantu mengatasi flex hitam
  6. Berolahraga secara teratur: Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengurangi stres, yang dapat mempengaruhi produksi melanin pada kulit.
  7. Mengurangi stres: Stres dapat mempengaruhi produksi melanin pada kulit. Oleh karena itu, mengurangi stres dapat membantu mengatasi flek hitam pada kulit. Beberapa cara untuk mengurangi stres adalah dengan meditasi, yoga, atau kegiatan relaksasi lainnya.
  8. Menjaga kelembapan kulit: Menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap secara teratur dapat membantu mengurangi kerusakan kulit dan meningkatkan kesehatan kulit. Kulit yang sehat lebih mampu memproduksi melanin dengan baik dan dapat membantu mengatasi flek hitam

Flek hitam pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari, penuaan, ketidakseimbangan hormon, dan bekas jerawat.

Untuk mengatasi flek hitam, dapat dilakukan dengan cara melindungi kulit dari sinar matahari, menggunakan produk perawatan kulit, menggunakan bahan-bahan alami, membuat perubahan gaya hidup, dan menjaga kelembapan kulit.

banner Dinas Kesehatan

Dengan melakukan perawatan kulit secara teratur dan menerapkan perubahan gaya hidup yang sehat, Anda dapat membantu mengatasi flek hitam pada kulit dan memperbaiki kesehatan kulit secara keseluruhan.

Namun, jika flek hitam terus bertambah besar dan tidak hilang setelah dilakukan perawatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. (*/SA)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

5 Amalan Wanita Saat Menstruasi di Bulan Ramadhan: Tarawih, Tahajud, Quran, Infaq, dan Zikir

30 Maret 2023 - 15:20

Amalan Wanita Saat Menstruasi

7 Penyebab Utama Program Bayi Tabung Gagal: Penjelasan Detail

30 Maret 2023 - 14:57

Program bayi tabung

5 Faktor Penyebab Gangguan Kesuburan Wanita dan Cara Mengatasinya

30 Maret 2023 - 14:36

Gangguan Kesuburan Wanita

Mengenal 12 Fakta Menarik Seputar Puting Payudara pada Wanita

30 Maret 2023 - 14:19

fakta menarik puting payudara

5 Alasan Mengapa Minum 3 Cangkir Teh Hijau Sehari Baik untuk Kesehatan Anda

29 Maret 2023 - 14:26

3 cangkir teh hijau

10 Fakta Menarik Teh Hijau yang Harus Anda Ketahui

29 Maret 2023 - 14:12

Fakta Menarik Teh Hijau
Trending di Kesehatan