51 Desa Sudah Mulai Tahapan Pilkades

oleh -12 views
foto : ilustrasi

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Sebanyak 51 desa sudah mulai melaksanakan tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades). Terkait itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) juga membentuk panitia kabupaten dan tim penyelesaian sengketa Pilkades yang melibatkan beberapa instansi terkait.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Administrasi dan Sistem Informasi Desa, Riklan kepada Beritaplano, saat ditemui diruang kerjanya belum lama ini.

Dikatakannya, Dinas PMD juga membuka ruang pengaduan atau keberatan bagi bakal calon kades yang saat pendaftaran di desa dinyatakan tidak memenuhi syarat.

“Sesuai dengan jadwal yang ditentukan, tiap desa ada tahap pelaksanaan, tim penyelesaian sengketa Pilkades pembentukannya masih sama seperti lalu juga yang melibatkan beberapa instansi,” ungkapnya.

Lanjut dia, pada teknis pelaksanaan di desa, jika terdapat lima bakal calon kades yang mendaftar maka akan dibuka ujian tes tertulis.

“Terkait nanti pelaksanaan ujian tulisnya dimana, nanti kita akan diskusikan dengan panitia,” kata dia.

Dia juga mengatakan, jika tidak kendala pada tanggal 1 April mendatang, sudah dilakukan penetapan calon kepala desa.

“Kalau dilihat daru animo masyarakat, bakal calon banyak yang mendaftar, dan ada beberapa desa yang lebih dari lima,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *