Menu

Mode Gelap

Kesehatan ยท 30 Mar 2023

5 Amalan Wanita Saat Menstruasi di Bulan Ramadhan: Tarawih, Tahajud, Quran, Infaq, dan Zikir


					Ket. Foto: Ilustrasi Wanita Sedang Sholat by ShutterStock Perbesar

Ket. Foto: Ilustrasi Wanita Sedang Sholat by ShutterStock

Beritaplano.com – Bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia, di mana seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Bagi wanita muslim yang mengalami menstruasi selama bulan Ramadhan, ada beberapa amalan yang bisa tetap dilakukan meskipun sedang tidak berpuasa. Berikut adalah 5 amalan yang bisa dilakukan wanita saat menstruasi di bulan Ramadhan.

banner DiDisdik
  1. Shalat Tarawih

Salah satu amalan yang bisa dilakukan oleh wanita saat menstruasi adalah shalat tarawih. Meskipun tidak sedang berpuasa, wanita masih bisa menunaikan shalat tarawih di rumah atau di masjid. Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadhan, sehingga wanita muslim tetap bisa mendapatkan keberkahan di bulan suci ini meskipun sedang tidak berpuasa.

  1. Shalat Tahajud

Selain shalat tarawih, wanita muslim yang sedang menstruasi juga bisa melakukan shalat tahajud. Shalat tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Meskipun tidak bisa berpuasa, wanita muslim bisa bangun di tengah malam untuk melakukan shalat tahajud sebagai bentuk kecintaannya pada Allah SWT.

  1. Membaca Al-Quran

Wanita muslim yang sedang menstruasi juga bisa membaca Al-Quran di bulan Ramadhan. Membaca Al-Quran merupakan salah satu amalan yang paling dianjurkan di bulan suci ini. Selain membaca Al-Quran, wanita muslim juga bisa mendengarkan kajian-kajian agama atau tadarus Al-Quran bersama keluarga atau teman-teman.

  1. Berinfaq

Salah satu amalan yang juga bisa dilakukan oleh wanita muslim yang sedang menstruasi di bulan Ramadhan adalah berinfaq. Berinfaq merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan di bulan suci ini. Wanita muslim bisa memberikan sebagian harta yang dimilikinya untuk membantu orang yang membutuhkan, seperti anak yatim, fakir miskin, atau untuk membangun masjid.

banner Dinas Kesehatan
  1. Berzikir

Terakhir, wanita muslim yang sedang menstruasi juga bisa berzikir di bulan Ramadhan. Berzikir merupakan salah satu ibadah yang paling dianjurkan dalam agama Islam. Wanita muslim bisa berdzikir di waktu-waktu luangnya atau setiap kali ada kesempatan. Berzikir akan membantu wanita muslim untuk mendekatkan diri pada Allah SWT dan meraih keberkahan di bulan suci ini.

Demikianlah 5 amalan yang bisa dilakukan wanita saat menstruasi di bulan Ramadhan.

Meskipun sedang tidak berpuasa, wanita muslim masih bisa melakukan berbagai amalan yang bisa mendekatkan diri pada Allah SWT dan meraih keberkahan di bulan suci ini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada Allah SWT. (*/SA)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

8 Cara Ampuh Mengatasi Flek Hitam pada Kulit

30 Maret 2023 - 15:09

Mengatasi Flek Hitam

7 Penyebab Utama Program Bayi Tabung Gagal: Penjelasan Detail

30 Maret 2023 - 14:57

Program bayi tabung

5 Faktor Penyebab Gangguan Kesuburan Wanita dan Cara Mengatasinya

30 Maret 2023 - 14:36

Gangguan Kesuburan Wanita

Mengenal 12 Fakta Menarik Seputar Puting Payudara pada Wanita

30 Maret 2023 - 14:19

fakta menarik puting payudara

5 Alasan Mengapa Minum 3 Cangkir Teh Hijau Sehari Baik untuk Kesehatan Anda

29 Maret 2023 - 14:26

3 cangkir teh hijau

10 Fakta Menarik Teh Hijau yang Harus Anda Ketahui

29 Maret 2023 - 14:12

Fakta Menarik Teh Hijau
Trending di Kesehatan