32 Proyek Pansimas Lelet, Faisan : Tidak ada Alasan Akhir Bulan Harus Selesai

oleh -2 views
Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Faisan

Reporter : Faradiba

PLANO, Parigi Moutong – Lelet 32 proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pansimas) yang tersebar di 12 Kecamatan Kabupaten Parigi Moutong. Meski masih ada waktu beberapa minggu lagi, oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Parigi Moutong, mendesak pelaksana proyek untuk segera mempercepat pekerjaan hingga akhir bulan Desember 2019.

Wakil ketua I DPRD Parigi Moutong, Faisan mengatakan Dinas PUPRP sebagai dinas tekhnis yang menjadi leading sektor proyek tersebut harus turun tangan mengontrol serta mendesak fasilitator agar progres pekerjaan lebih cepat.

“Dinas terkait harus memanggil fasilitatornya, mencarikan solusi untuk menyelesaikan seluruh item pekerjaan yang belum dikerjakan. Tidak ada alasan, akhir bulan ini harus selesai,” terang politisi partai besutan Prabowo Subianto.

Faisan juga menegaskan agar dinas terkait untuk berhati-hati dalam merealisasikan anggaran. Pasalnya, proyek yang bersifat swakelola terkesan beresiko.

“Beresikonya sebab masyarakat yang mengerjakan langsung, bukan pihak rekanan. Sehingga jangan sampai anggaran yang direalisasikan tidak sesuai dengan realisasi pekerjaan dilapangan,” cetusnya.

Lanjut Faisan, selain itu pihaknya juga menekankan agar pihak fasilitator segera dipanggil oleh pihak dinas dan koordinator, guna persoalan di lapangan segera dicarikan solusinya.

“Ini masalah besar, jangan hanya didiamkan begitu saja oleh dinas terkait, tidak ada alasan akhir bulan ini harus selesai,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, 32 titik Proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pansimas)  yang dibiayai dari APBN dan APBD tahun 2019 di Kabupaten Parigi Moutong “Jalan di Tempat”.

Berdasarkan cek fakta lapangan yang dilakukan media ini, ada empat lokasi proyek Pansimas yang tersebar di tiga Kecamatan Kabupaten Parigi Moutong progres pekerjaannya baru berada di 1 persen.

Empat Lokasi yang saat ini progres pekerjaannya masih berada 1 persen yakni, Desa Laemanta Kecamatan Kasimbar, Desa Matolele Kecamatan Parigi Tengah, Desa Sausu Taliabo dan Desa Sausu Pakareme yang ada di Kecamatan Sausu.

Bahkan parahnya, diketahui dari progres pekerjaan yang baru 1 persen tersebut namun pencairan keuangannya telah mencapai 25 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *