Menu

Mode Gelap

Ragam ยท 30 Mar 2023

3 Keutamaan Sholat Tarawih: Meningkatkan Kualitas Ibadah di Bulan Ramadhan


					Ket. Foto: Sholat Tarawih by ShutterStock Perbesar

Ket. Foto: Sholat Tarawih by ShutterStock

Baritaplano.com – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan kesempatan untuk memperbanyak amal ibadah. Selain puasa yang menjadi kewajiban bagi umat muslim, keutamaan sholat tarawih juga menjadi salah satu amalan yang banyak dilakukan di malam bulan Ramadhan.

banner DiDisdik

Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang dilakukan setelah sholat Isya’ dan sebelum sholat wajib subuh.

Berikut ini adalah 3 keutamaan sholat tarawih sebagai amalan malam bulan Ramadhan.

  1. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Sholat tarawih merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian mengikuti puasanya dengan sholat tarawih, maka dosa-dosanya akan diampuni.” Sholat tarawih juga merupakan cara untuk memperbaiki kualitas sholat kita sehari-hari. Dengan berusaha konsisten dan khushu’ dalam menjalankan sholat tarawih, maka akan memberikan efek positif dalam memperbaiki kualitas sholat kita secara umum.

  1. Menambah Pahala

Menjalankan sholat tarawih di malam bulan Ramadhan juga akan menambah pahala bagi umat muslim. Dalam hadits riwayat Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” Dalam sholat tarawih, kita juga dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an dengan tartil dan tajwid yang benar. Hal ini juga akan menambah pahala bagi umat muslim.

banner Dinas Kesehatan
  1. Meningkatkan Ketaqwaan

Sholat tarawih juga dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dalam sholat tarawih, kita akan lebih banyak berinteraksi dengan Al-Qur’an. Selain itu, sholat tarawih juga merupakan waktu yang tepat untuk melakukan introspeksi diri dan merenungkan makna dari ayat-ayat Al-Qur’an yang dibaca.

Dalam hadits riwayat Abu Dawud, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa yang berdiri (sholat) di bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” Dengan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, maka kita akan lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

Dalam kesimpulannya, sholat tarawih memiliki keutamaan-keutamaan yang sangat besar sebagai amalan malam bulan Ramadhan. Selain meningkatkan kualitas ibadah, menambah pahala, dan meningkatkan ketaqwaan, sholat tarawih juga merupakan waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperbanyak amal ibadah di bulan Ramadhan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi umat muslim untuk menjalankan sholat tarawih dengan konsisten dan khushu’ agar dapat merasakan manfaat dari amalan tersebut.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan tata cara dan adab dalam menjalankan sholat tarawih seperti memperhatikan bacaan Al-Qur’an dengan tartil dan tajwid yang benar, serta menjaga konsentrasi dan fokus dalam beribadah.

Selain menjalankan sholat tarawih, umat muslim juga disunahkan untuk melakukan qiyamul lail atau sholat malam di bulan Ramadhan.

Sholat malam juga memiliki banyak keutamaan seperti dapat membuka pintu-pintu rahmat dan ampunan Allah SWT, serta dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah lalu.

Dalam menjalankan sholat tarawih atau qiyamul lail, kita juga dapat memperbanyak doa dan dzikir kepada Allah SWT.

Hal ini dapat membuat hati kita menjadi lebih tenang dan damai, serta memperkuat iman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Sebagai umat muslim, kita harus memanfaatkan bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya untuk memperbanyak amal ibadah dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Dengan menjalankan sholat tarawih, kita dapat merasakan manfaatnya dalam meningkatkan kualitas ibadah, menambah pahala, dan meningkatkan ketaqwaan.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah dan kekuatan kepada kita untuk menjalankan amalan-amalan yang diridhai-Nya. Amin. (*/SA)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

3 Aktivitas Kreatif untuk Dilakukan Bersama Keluarga saat Lebaran

28 Maret 2023 - 15:48

Aktivitas Kreatif saat Lebaran

5 Destinasi Wisata Seru untuk Dikunjungi Selama Idul Fitri

28 Maret 2023 - 15:25

Destinasi Wisata

10 Makanan Khas Lebaran yang Harus Anda Coba

28 Maret 2023 - 15:08

Makanan Khas Lebaran

7 Tradisi Unik Merayakan Idul Fitri di Indonesia

28 Maret 2023 - 14:59

Merayakan Idul Fitri

5 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Video di YouTube

19 Maret 2023 - 09:51

Meningkatkan kualitas video di YouTube

5 Langkah Mudah Mengatasi Masalah Baterai Smartphone yang Cepat Habis

19 Maret 2023 - 09:43

Masalah baterai smartphone yang cepat habis
Trending di Ragam