2020, Dinas Koperasi dan UKM Fasilitasi Pembuatan Merek dan PIRT

oleh -3 views
Sekertaris Koperasi dan UKM, Drs.Jumail (Foto : Eli)

Reporter : Aini

PLANO, Parigi Moutong – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Parigi Moutong tahun ini akan memfasilitasi pelaku usaha untuk pembuatan merek dan pengurusan perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Kegiatan ini menjadi salah satu prioritas di tahun 2020.

“Karena keterbatasan anggaran, kita hanya bisa memfasilitasi perizinan dan merk untuk  lima UKM,” ujar Sekertaris Dinas Koperasi dan UKM, Drs. Jumail.

Selain itu kata dia, akan dilakukan pelatihan untuk pelaku usaha dan koperasi. Untuk pengurusan perizinan PIRT, Dinas Koperasi dan UKM akan merekomendasikan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) UKM mana saja yang layak direkomendasi.

“Berdasarkan anggaran yang ada ditahun ini, hanya dapat mengcover lima UKM saja dan jika ada sokongan dana yang mendukung maka akan diperbanyak lagi UKM yang dibantu,” ungkapnya.

Kata dia, jika tidak ada perubahan, ada anggaran DAK fisik yang diberikan untuk membuat  pelatihan pelaku usaha dan koperasi. Pihaknya sudah merancang untuk lima angkatan, dua angkatan UKM dilatih fokasional bahan pangan dan nanti kemudian dipilih olahan pangan dari buah atau sayur mayur dengan memperhatikan potensi yang ada di masyarakat.

Diketahui untuk tahun 2020, Dinas Koperasi dan UKM hanya mengelolah anggaran senilai kurang lebih Rp 1,9 M.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *