2019 Bumdes Bambalemo Berhasil Raup Keuntungan Rp 40 Juta

oleh -4 views
Kepala Desa Bambalemo Irfan (Foto : Aini)

Reporter : Ain

PLANO, Parigi Moutong – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bambalemo di tahun 2019 kemarin berhasil meraup keuntungan sebesar Rp 40 juta dari usaha pencetakan batu bata.

“Income BUMDesnya kemarin alhamdulillah sekitar Rp.40 juta dan kemarin kita menjadi tuan rumah kegiatan MTQ terbantu oleh income Bumdes tersebut,” ujar Kepala Desa Bambalemo Irfan Adnan, Rabu (29/01/20).

Ditahun ini kata dia, pihaknya akan mengembangkan lagi usaha pencetakan batu bata dengan melengkapi alat-alat serta kebutuhan lainnya sesuai dengan proposal yang diajukan oleh pengurus BUMDes.

Selain melakukan pengembangan usaha pencetakan batu bata, Pemdes Bambalemo juga akan membuka pasar hewan dan daging hewan sebagai tempat seluruh warga menjual ternaknya.

Program ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan daging masyarakat Kecamatan Parigi khususnya.

“Kita tidak membatasi hanya khusus warga desa Bambalemo saja tetapi warga dari mana saja silahkan bawa ternaknya di pasar nanti kita akan tentukan lokasinya dimana dan akan kami buatkan Peraturan Desa (Perdes)nya juga tinggal menunggu anggarannya saja,” jelas dia.

Dikatakannya, pasar hewan dan daging hewan tersebut akan buka 24 jam dan nantinya akan dibuatkan karcis/tiket seharga Rp 2.500 untuk setiap warga yang akan menjual ternaknya dipasar tersebut.

Tambah Irfan, pihaknya berusaha untuk membuat kegiatan-kegiatan yang dapat menghasilkan bagi desa sehingga tidak terlalu bergantung dari anggaran Dana Desa (DD).

Diketahui, Pemdes Bambalemo menyiapkan sekitar Rp. 500 juta untuk penyertaan modal program tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *