17-an Pakai Baju Adat Lampung, Erick Thohir Kenang Sang Ayah

oleh -

Berita Nasional – Menteri BUMN Erick Thohir mengenakan pakaian adat Lampung saat menghadiri upacara penurunan bendera secara virtual. Baju adat Lampung ini sendiri juga dikenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjadi inspektur upacara detik-detik Proklamasi.

Erick Thohir mengatakan, dipilihnya baju adat Lampung akan menjadi kebanggaan masyarakat Lampung.

“Tradisi mengenakan baju nasional saat memperingati Hari Kemerdekaan sudah dimulai Presiden Jokowi sejak tahun 2017, dan selalu berganti setiap tahunnya. Tahun ini, pakaian adat Lampung menjadi pilihan Presiden dan hal itu jelas sangat membanggakan masyarakat Lampung dan saya pribadi sebagai putra daerah karena hal ini langsung mengenalkan kekayaan budaya Lampung,” ujar Erick dalam keterangannya, Selasa (17/8/2021).

Erick Thohir juga mengenakan baju adat Lampung pada peringatan HUT Kemerdekaan tahun lalu. Menurutnya, pakaian adat itu mengingatkannya pada sosok ayah.

“Tahun lalu, saat peringatan HUT Kemerdekaan, saya juga memakai pakaian adat Lampung. Bagi saya, mengenakan pakaian Tulang Bawang selalu mengingatkan kembali kepada mendiang ayah yang kelahiran Lampung, dan juga akar saya berasal,” jelas Erick Thohir.

Untuk diketahui, baju adat Lampung disebut sebagai baju Tulang Bawang. Baju Tulang Bawang ini biasanya dikenakan pada acara tertentu, misalnya pernikahan. Baju ini dibedakan menjadi Lampung Pepadun dan Lampung Saubatin. Perbedaan mencolok antara keduanya adalah dominasi warna, di mana Lampung Pepadun lebih identik dengan warna putih sedangkan Lampung Saubatin berwarna merah.

Pada dasarnya, ada beberapa komponen utama dari baju adat Lampung yang dikenakan pria dan wanita. Untuk pria, baju adat ini terdiri atas baju lengan panjang, celana panjang, sarung tumpal, sesapuran, dan khikat akhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.