Menu

Mode Gelap

Ragam ยท 28 Mar 2023

10 Makanan Khas Lebaran yang Harus Anda Coba


 10 Makanan Khas Lebaran yang Harus Anda Coba Perbesar

Beritaplano.com – Lebaran adalah perayaan besar bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai momen untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat, Lebaran juga dikenal dengan makanan khasnya yang lezat dan beragam. Berikut adalah 10 makanan khas Lebaran yang harus Anda coba:

banner DiDisdik

1. Ketupat

Ketupat adalah makanan khas Lebaran yang paling terkenal. Ketupat terbuat dari nasi yang dikukus dalam anyaman daun kelapa. Ketupat biasanya disajikan dengan opor ayam atau rendang.

2. Lontong Sayur

Lontong Sayur adalah hidangan khas Indonesia yang terdiri dari nasi ketupat yang disajikan dengan kuah sayur (biasanya terdiri dari kangkung, tauge, labu siam, dan potongan daging sapi atau ayam).

banner Dinas Kesehatan

3. Rendang

Rendang adalah hidangan khas Minangkabau yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam santan kelapa dan rempah-rempah. Rendang biasanya dimakan dengan nasi atau ketupat.

4. Sate

Sate adalah makanan yang terbuat dari daging (biasanya daging ayam atau sapi) yang ditusuk dengan tusuk sate dan dipanggang. Sate biasanya disajikan dengan bumbu kacang.

5. Opak

Opak adalah makanan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur yang terbuat dari singkong yang dipipihkan dan dikeringkan. Opak biasanya dimakan dengan sambal.

6. Opor Ayam

Opor Ayam adalah hidangan yang terdiri dari potongan ayam yang dimasak dalam santan kelapa dan rempah-rempah. Opor Ayam biasanya disajikan dengan ketupat atau lontong.

7. Martabak

Martabak adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan telur, daging cincang, bawang bombay, dan rempah-rempah. Martabak biasanya disajikan dengan saus kecap atau saus sambal.

8. Kue Lapis

Kue Lapis adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa, dan gula. Kue Lapis biasanya memiliki warna-warni yang menarik dan disajikan dalam bentuk potongan kecil.

9. Kue Putu

Kue Putu adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras dan gula merah yang diisi dengan kelapa parut. Kue Putu biasanya dimasak dalam cetakan bambu dan disajikan dengan saus gula merah.

10. Soto

Soto adalah hidangan sup yang terdiri dari kaldu ayam atau daging yang disajikan dengan mie bihun, potongan ayam atau daging, dan telur rebus. Soto biasanya disajikan dengan sambal dan kerupuk.

Demikianlah 10 makanan khas Lebaran yang harus Anda coba. Jika Anda ingin mencari makanan khas yang serupa dengan 10 makanan di atas, Anda bisa mencari makanan tradisional Indonesia lainnya seperti nasi kuning, nasi uduk, sate padang, atau es cendol. Selamat berlibur dan menikmati makanan khas Lebaran!

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

3 Keutamaan Sholat Tarawih: Meningkatkan Kualitas Ibadah di Bulan Ramadhan

30 Maret 2023 - 15:32

Keutamaan Sholat Tarawih

3 Aktivitas Kreatif untuk Dilakukan Bersama Keluarga saat Lebaran

28 Maret 2023 - 15:48

Aktivitas Kreatif saat Lebaran

5 Destinasi Wisata Seru untuk Dikunjungi Selama Idul Fitri

28 Maret 2023 - 15:25

Destinasi Wisata

7 Tradisi Unik Merayakan Idul Fitri di Indonesia

28 Maret 2023 - 14:59

Merayakan Idul Fitri

5 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Video di YouTube

19 Maret 2023 - 09:51

Meningkatkan kualitas video di YouTube

5 Langkah Mudah Mengatasi Masalah Baterai Smartphone yang Cepat Habis

19 Maret 2023 - 09:43

Masalah baterai smartphone yang cepat habis
Trending di Ragam