Kam. Feb 20th, 2020

Berita Plano

Amanat & Terpercaya

Bappelitbangda Singkronkan OPD Untuk Program Parimo Khatulistiwa

Reporter : Elli

PLANO, Parigi Moutong- Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda), menggelar rapat kordinasi untuk mensingkronkan program setiap OPD yang mendukung Program Parimo Khatulistiwa, di ruang rapat Bappelitbangda yang dihadiri 15 OPD, belum lama ini.

Dikonfirmasi terkait itu, Kepala Bidang Ekonomi Bappelitbangda Novi Banda mengatakan, ada tigas program prioritas yang sudah masuk dalam RPJMD Kabupaten, yaitu Parimo Cerdas, Parimo Sehat dan Parimo Khatulistiwa.

“Tiga program prioritas itu, sudah termuat dalam RPJMD dan wajin untuk dijalankan,” kata dia.

Dikatakannya, tiga program yang menjadi isu besar dalam pembangunan dimulai tahun 2020 itu didasari atas permasalahan dasar yaitu pertumbuhan ekonomi yang saat ini masih berada dikisaran 5,6 persen, kemiskinan yang saat ini masih diangka 17 persen dan IPM.

“Pertumbuhan ekonomi harapanya naik di 6-7 persen, kemiskinan masih ada di angka 17 persen berharap terjadi penurunan dan IPM Kabupaten Parimo yang masih rendah,” ujarnya.

Kata dia, untuk seluruh program yang mendukung Parimo Khatulistiwa, diharapkan ada pertumbuhan ekonomi. Sedangkan IPM masuk dalam Program Parimo Cerdas dan Parimo Sehat, hanya saja didalam IPM ada daya saing dan daya beli sehingga dapat diintervensi juga oleh Program Parimo Khatulistiwa.

“IPM ada diprogram Parimo Cerdas dan Parimo Sehat, hanya didalam IPM itu  ada daya saing ada daya beli,” ungkapnya.

Dikatakannya, program yang mendukung Parimo Khatulistiwa sudah melalui  pemetaan bahkan dilakukan setelah selesai Musrembang kecamatan.

Pihaknya melibatkan beberapa OPD teknis kemudian dianilisis setiap program mana saja yang menopang tiga program prioritas. 

“OPD teknis memasukan kegiatan apa, Bapelitbangda menganilisis apakah bisa menopang dari program prioritas daerah. Inti dari semua itu, OPD Pertanian dan Pariwisata, diiluar itu adalah OPD penunjang,” pungkasnya. 

error: Content is protected !!