Sat. Dec 14th, 2019

Berita Plano

Amanat & Terpercaya

Dinilai Baik, 15 Desa Akan Terima HID

1 min read

Korkab Pamsimas Alim Bahri (Doc. Pribadi)

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Sebanyak 15 desa penerima program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) akan diberikan Hibah Insentif Desa (HID) tahun 2020. 15 desa ini dinilai baik dalam pengelolaan Pamsimas dan masih mempunyai sumber air bersih yang memadai.

Hal itu diungkapkan Alim Bahri S,Km Korkab Pamsimas Parigi Moutong, kepada Koran Plano belum lama ini. Selain itu kata dia, syarat penerima HID harus menambah jumlah pemanfaat sebesar 30 persen.

Dia mengatakan, hibah intensif desa bersumber dari dana APBN semacam reward pemerintah pusat untuk desa yang dinilai baik pengelolaanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Vadlon menambahkan, meski HID adalah APBN tetap ada sharing APBDes dan kontribusi masyarakat dalam bentuk tunai (in – cash) juga natura (in – kind).

Kepala Bidang Cipta Karya Vadlon

Lanjut dia, sharing APBDes ini memang telah menjadi ketentuan sebelum desa itu menjadi sasaran program. Kesepekatan penyertaan dana ini, sebagai bentuk keseriusan pemerintah desa menerima program pemenuhan dan perbaikan sanitasi dan air minum yang pada prinsipnya dari desa untuk desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!